Sabtu, 23 Februari 2013

Cara Instalasi Driver VGA Card Pada Komputer PC

Sebuah kartu grafis atau VGA menentukan bagaimana gambar akan ditampilkan pada monitor Anda. Biasanya, Anda menginginkan layar yang lebih kaya dan memiliki grafis yang tinggi, untuk mendapatkan hal ini bisa Anda dapatkan dengan cara menginstal VGA Card yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan tentunya lebih mumpuni.

Kebanyakan orang cenderung untuk mengubah kartu grafis lama dari komputer mereka untuk meningkatkan tampilan pada layar monitor mereka. Memang mengganti kartu VGA yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi berguna jika Anda ingin memiliki tampilan yang lebih tinggi yang mendukung untuk media desain grafis atau sekedar mencoba sebuah permainan komputer yang lebih canggih dan memiliki tampilan yang lebih tinggi dan tingkat detail yang mengagumkan.

Berkaitan dengan pemasangan kartu VGA, maka pada ulasan kali ini Paseban akan membahas bagaimana cara menginstal VGA card pada komputer Anda langkah demi langkah. Untuk segera mengetahui bagaimana cara melakukan instalasi kartu VGA pada komputer ada, maka Anda bisa mengikuti tutorial tentang bagaimana cara menginstal kartu VGA pada komputer Anda.

Peralatan yang dibutuhkan:
Kartu grafis VGA.
Driver kartu grafis VGA.
Buku panduan.
Obeng non-magnetik.
Perangkat anti-statis.

Langkah 1
Kenakan perangkat anti-statis, karena dengan menggunakan ini dapat melindungi kartu grafis Anda dari segala hal yang berkaitan dengan listrik. Karena sekecil apapun kejutan listrik yang mengenai kartu grafis ini akan dapat merusak kartu VGA yang baru Anda beli.

Langkah 2
Matikan komputer Anda dan lepas semua daya yang terkoneksikan ke CPU.

Langkah 3
Lepas panel samping dari CPU dan jangan pernah menyentuh apapun di dalamnya kecuali memang benar-benar dibutuhkan.

Langkah 4
Baringkan CPU sementara sisi dari CPU tersebut dalam keadaan terbuka.

Langkah 5
Carilah PCI-Express atau slot AGP motherboard Anda. Periksa apakah slot penutup PCI-Express atau AGP Slot masih berada di belakang CPU. Dan pastikan bahwa slot ini memang benar-benar masih berada di belakang jika ini merupakan pengalaman Anda dalam memasang kartu VGA.

Langkah 6
Lepaskan pelat IO dengan cara melepasnya menggunakan obeng. Hati hati pada saat melepasnya jangan sampai mengenai komponen terhubung.

Langkah 7
Ambil kartu VGA Anda dan pegang dengan hati-hati jangan sampai Anda menjatuhkannya.

Langkah 8
Masukkan kartu VGA baik slot AGP atau PCI-Express. Pastikan bahwa kartu VGA terpasang pada slot kartu grafis. Jika Anda tidak memasangnya dengan benar maka akan menimbulkan masalah.

Langkah 9
Periksa manual dari kartu VGA Anda tentang bagaimana cara menempatkan kartu VGA secara aman, biasanya para pengguna hanya memasangnya dengan cara memasangnya dengan menggunakan obeng dan sekrup, namun biasanya hal ini menimbulkan kesalahan, karena setiap kartu VGA memiliki perlakuan yang berbeda beda sesuai dengan ketentuan dari pabrikannya.

Langkah 10
Setelah Anda selesai memasang kartu grafis Anda, maka langkah selanjutnya adalah memasang kembali tutup samping CPU Anda dan nyalakan tutup CPU Anda untuk melakukan pengetesan apakah VGA Anda sudah terpasang dengan benar.

Langkah 11
Pada saat Anda menyalakan komputer Anda setelah memasang kartu VGA, maka komputer Anda akan mendeteksi keberadaan perangkat baru yang baru saja diinstal. Jika Anda melakukan instalasi kartu VGA yang berbeda dengan kartu VGA yang sebelumnya, maka Anda membutuhkan driver dari kartu VGA Anda yang umumnya berbentuk CD untuk mengaktifkan penggunaan kartu VGA pada komputer Anda. Atau Anda bisa mengunduhnya langsung pada halaman dari penyedia kartu VGA yang Anda beli.

Langkah 12
Masukkan CD ke CD driver pada komputer Anda. CD instalasi ini biasanya memiliki wizard sendiri untuk dengan mudah dapat menginstal driver Anda tanpa perlu khawatir bagaimana melakukan pengaturan atau penyesuaian terhadap setupnya. Atau jika Anda mengunduh driver tersebut dari halaman penyedia kartu VGA Anda, maka Anda bisa menginstalnya dengan klik ganda pada installer driver Anda.

Langkah 13
Setelah kartu VGA Anda terpasang, maka Anda perlu untuk melihat buku petunjuk tentang kartu VGA Anda, biasanya kartu VGA yang Anda pasang datang dengan versi yang lama, maka Anda perlu melakukan update melalui internet agar Anda mendapatkan dukungan kartu VGA yang lebih baru.

Demikian tutorial Paseban tentang bagaimana cara memasang kartu VGA secara benar dan aman. Semoga tips yang Paseban berikan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Sumber: http://portal.paseban.com/article/9748/cara-menginstal-vga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar